Sunday, June 7, 2015

Project Almanac

Project Almanac kalau membaca judulnya mungkin sebagian sudah memahami bahwa film ini berkaitan dengan waktu, karena almanac berarti penanggalan. Film ini menggunakan gaya pengambilan gambar seolah penonton adalah seseorang yang membawa kamera (found footage), jadi antara adegan yang satu dengan yang lain seperti tidak berkesinambungan, terkesan lompat-lompat, namun beberapa saat kemudian dialog masuk yang menjadi penghubung dengan adegan sebelumnya.

Mengisahkan 3 remaja pria yang tergila gila dengan sains, mereka adalah David Raskin (Jonny Weston), Quinn Goldberg (Sam Lerner) dan Adam Le (Allen Evangelista). David adalah pemuda jenius, ia tinggal bersama ibu dan adik perempuannya Christina Raskin (Virginia Gardner). David ingin mendapatkan beasiswa fisika di M.I.T, bersama para sahabatnya dan dengan bantuan adiknya, david membuat proposal berupa film dokumenter untuk mendaftar di MIT. Impian David menjadi kenyataan ketika mendapat surat dari MIT bahwa ia diterima sebagai salah satu mahasiswa dengan beasiswa, namun meski mendapat beasiswa, untuk kuliah di MIT tetap perlu biaya, dan bagi keluarga Raskin yang hanya mengandalkan pendapatan sang Ibu, biaya itu terbilang cukup besar.

Dengan pikiran galau, David mencari cara bagaimana mencari uang tambahan, karena ia tak ingin ibunya menjual rumah penuh kenangan mereka hanya untuk biaya kuliah. David berpikiran menemukan sesuatu yang bisa membuatnya banyak uang. Ia berpikiran memakai bahan penemuan ayahnya yang juga seorang ilmuwan. Saat mencari bahan penemuan diloteng atas bersama adiknya, ia menemukan sebuah video recorder yang masih bisa berfungsi. Video tersebut berisi rekaman David kecil sedang merayakan pesta ulang tahun.

Sesuatu yang aneh ada direkaman tersebut, David dewasa muncul beberapa detik disela-sela pesta. Karena penasaran David, Quinn, Adam dan Christina melakukan reka ulang sesuai dengan rekaman tersebut, posisi david dan kamera. Saat melakukan reka ulang tersebut, tanpa sengaja David malah menemukan tombol ruang rahasia. Ruang rahasia milik ayahnya yang menyerupai laboratorium fisika. David dan teman-temannya menemukan sebuah mesin lengkap dengan cara pembuatan dan cara pemakaian. Rupanya itu adalah proyek ayahnya yang belum terselesaikan. Sebuah proyek pembuatan mesin waktu.

Dengan kejeniusan David beserta sahabatnya, mereka mencoba untuk meneruskan proyek tersebut, yang mereka beri nama Project Almanac. Awalnya proyek berjalanan sesuai dengan harapan, meskipun banyak kendala, mesin waktu berhasil diselesaikan dan diuji coba. Mereka menjadi penjelajah waktu, bersenang-senang menonton konser musik berjam-jam namun hanya kehilangan 3 menit disaat jam pelajaran, mendapatkan uang dari taruhan, serta mengulang dan memperbaiki pengalaman mereka yang kurang menyenangkan.

Segalanya menjadi kacau ketika makin banyak sejarah hidup yang mereka ubah, seperti butterfly effect, perubahan kecil yang mengakibatkan kesalahan besar ditempat lain, seperti jatuhnya pesawat terbang, koma nya Adam karena kecelakaan hingga David yang menjadi buron polisi. Keadaan makin kacau ketika David berusaha mengubah semuanya sendirian. Sampai pada suatu titik, David memutuskan untuk kembali ke masa lalu menemui ayahnya, dan meminta ayahnya untuk tidak pernah menciptakan mesin waktu tersebut. Setelah Ayahnya melihat rekaman David, Christina dan sahabat-sahabatnya dengan mesin waktu tersebut, barulah sang ayah setuju untuk membuang semua data penelitian mesin waktu itu, membakar semua petunjuk perakitan dan pemakaian.

Mendadak tubuh David hilang. Dia kembali ke saat ia dan Christina ada di loteng mencari bahan penemuan, guna mencari dana untuk kuliahnya. Namun lagi-lagi mereka menemukan kamera, namun kali ini ada dua, satu kamera lain adalah milik David yang kembali ke masa lalu, yang justeru berisi rekaman Project Almanac lengkap beserta pengalaman mereka menjelajah waktu.

Sinopsis Film dalam Trailer Project Almanac 2014


0 comments:

Post a Comment